Galaksi Terbesar Yang Ditemukan Saat Ini

inet.detik.com

Penulis : Abdul Muhyi Editor : Isnan Chodri

Benda,Malhikdua.sch.id_Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang, gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap (materi yang penting namun belum dimengerti.

Matahari yang merupakan salahsatu bintang, tatasurya termasuk bumi, dan semua benda yang mengorbit pada matahari adalah isi dari Galaksi Bimasakti.

Dalam alam semesta ini tidak hanya satu galaksi yang beredar. Banyak galaksi yang belum teramati oleh para astronom.

Namun, apakah anda tahu galaksi terbesar saat ini?           

Jika Anda merasa galaksi Bima Sakti sudah berukuran cukup besar, tunggu sampai Anda melihat galaksi satu ini: UGC 2885.

UGC 2885 kerap disebut Godzilla Galaxy, atau “The King of Galaxies”. Sampai saat ini Godzilla Galaxy adalah galaksi terbesar di seluruh jagat raya.

Jaraknya sekitar 463.000 tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini memiliki ukuran 2,5 kali lebih besar dari Bima Sakti, serta memiliki jumlah bintang 10 kali lebih banyak.

“Apa yang membuatnya sebegitu besar, kami belum tahu,” tutur astronom Benne Holwerda seperti dilansir dari CNET, Senin (6/1/2020).

Keberadaan UGC 2885 telah diketahui oleh para astronom cukup lama. Ukurannya dihitung oleh astronom Vera Rubin pada 1980-an. Bagian tengah galaksi ini memiliki lubang hitam yang sangat besar.

Potret galaksi tersebut tertangkap kamera oleh teleskop Hubble milik NASA. Holwerda mengatakan, UGC 2885 ibarat monster yang tertidur di dasar lautan.

Anehnya, tidak ada benda langit lainnya yang berada di sekeliling galaksi masif tersebut. Beberapa galaksi memang dikenal kanibal, memakan galaksi lainnya. Namun terkait eksistensi UGC 2885, penyebabnya belum diketahui. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Galaksi Terbesar di Jagat Raya Tertangkap Kamera NASA”, https://sains.kompas.com/read/2020/01/06/122255723/galaksi-terbesar-di-jagat-raya-tertangkap-kamera-nasa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *